Langsung ke konten utama

4p + 5 porter Analisis Universitas Widya Mandala dan Ubaya

ANALISIS DIGITAL MARKETING UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA DAN UNIVERSITAS SURABAYA UBAYA Universitas Surabaya (UBAYA ) Surabaya adalah salah satu  perguruan tinggi swasta yang berdiri pada tanggal 11 Maret 1968.Universitas UBAYA ini sendiri merupakan kelanjutan dari Universitas Trisakti  Surabajya yang berdiri pada Tahun 1966 & didirikan oleh para tokoh-tokoh  masyarakat, ,pemerintah, pendidik dan pengusaha. Pada Tahun 1968 nama Universitas Trisakti Surabaya diganti menjadi Universitas Surabaya. Alamat Universitas Surabaya (UBAYA) ini di Jl. Ngagel Jaya Selatan 169. Surabaya 60284 Indonesia. Telp 02312981005 dan fax 0312981018. Proses pendidikan tersebut dilaksanakan di 3 kampus : –          Kampus Ngagel : Kampus ini merupakan tempat kegiatan belajar mengajar yang dilakukan setiap hari oleh para mahasiswa/i. –          Kampus Tenggilis : Kampus ini juga merupakan tempat kegiatan belajar mengajar , para mahasiswa/I di pisahkan menjadi beberapa orang siswa didalam kelas kampus untuk memaksimalkan hasil yang diperoleh mahasiswa/I itu sendiri. –          Kampus Trawas : Berbeda dengan kampus Ngagel dan Tenggilis, tempat kampus ini merupakan tempat belajar secara outdoor.contohnya seperti olahraga. Progam Diploma 3. Poltek Administrasi BisnisA.Md.3 TahunPoliteknikPoltek AkuntansiA.Md.3 TahunPoliteknikPoltek Akuntansi KomputerA.Md.3 TahunPoliteknikPoltek Bahasa Inggris BisnisA.Md.3 TahunPoliteknikPoltek Manajemen PemasaranA.Md.3 TahunPoliteknikPoltek PerpajakanA.Md.3 TahunPoliteknikPoltek Perpajakan ProfesionalA.Md.3 TahunPoliteknikPoltek Professional SellingA.Md.3 TahunPoliteknikPoltek Sekretari Progam Prasarjana S1 FarmasiS.Farm.4 TahunFarmasiHukumS.H.4 TahunHukumAkuntansiS.E.4 TahunBisnis dan EkonomikaBisnis InternasionalS.E.4 TahunBisnis dan EkonomikaI.B.NS.E. & BBA (Khusus Dual Degree)4 TahunBisnis dan EkonomikaKeuangan KorporatS.E.4 TahunBisnis dan EkonomikaManajemen Jejaring BisnisS.E.4 TahunBisnis dan EkonomikaManajemen Layanan & PariwisataS.E.4 TahunBisnis dan EkonomikaManajemen PemasaranS.E.4 TahunBisnis dan EkonomikaManajemen SDM & OrganisasiS.E.4 TahunBisnis dan EkonomikaPasar ModalS.E.4 TahunBisnis dan EkonomikaPerbankan & Jasa KeuanganS.E.4 TahunBisnis dan EkonomikaProfessional AccountingS.E. & B.Com. (Khusus Dual Degree)4 TahunBisnis dan EkonomikaPsikologiS.Psi.4 TahunPsikologiIF - P. K. MultimediaS.Kom.4 TahunTeknikIF - P. K. Sistem InformasiS.Kom4 TahunTeknikIndustrial Robotics DesignS.T.4 TahunTeknikInformation TechnologyS.Kom. & BIT4 TahunTeknikP. K. Teknik ManufakturS.T.4 TahunTeknikTeknik IndustriS.T.4 TahunTeknikTeknik InformatikaS.Kom.4 TahunTeknikTeknik KimiaS.T.4 TahunTeknikTelecommunication Networks DesignS.T.4 TahunTeknikBiologi (Bioteknologi)S.Si.4 TahunTeknobiologiDesain & Manajemen ProdukS.Ds.4 TahunIndustri KreatifDesain Fashion & Produk LifestyleS.Ds.4 TahunIndustri KreatifPendidikan DokterSarjana Kedokteran (S.Ked) & Gelar Profesi Dokter (dr.)4 TahunKedokteran Progam Magister S2 Magister Ilmu FarmasiM.Farm.2 TahunFarmasiMagister HukumM.H.2 TahunHukumMagister KenotariatanM.Kn.2 TahunHukumMagister AkuntansiM.Ak.2 TahunBisnis dan EkonomikaMagister ManajemenM.M.2 TahunBisnis dan EkonomikaMagister Psi.ProfesiM.Psi.2 TahunPsikologiMagister Psikologi SainsM.Si.2 TahunPsikologiMagister Teknik IndustriM.T.2 TahunTeknikMagister BioteknologiMagister Bioteknologi (M.Biotek)2 TahunTeknobiologi Progam profesi Apoteker Apoteker 1 Tahun Farmasi Menurut produk yang ditawarkan jauh lebih banyak progam yang ada dalam universitas swasta ini. Seperti contoh diatas produk yang di jelaskan cukup banyak. Produk unggulan ubaya : Akuntansi, Manajemen, Ilmu Hukum, Desain/Multimedia, Psikologi. Fakultas favorite di ubaya. Price unggulan dari ubaya contoh : Bisnis dan ekonomi Ilmu Ekonomi Perbankan & Jasa Keuangan Bisnis Internasional Rp. 15.750.000,- Rp. 3.150.000, Manajemen Keuangan Korporat Pasar Modal Manajemen Pemasaran Manajemen Layanan & Pariwisata Manajemen Jejaring Bisnis Kewirausahaan dan Pemberdayaan SDM Rp. 16.800.000,- Rp. 3.360.000,- Akuntansi Rp. 16.800.000,- Rp. 3.360.000,- lunasRp. 16.000.000,- Ilmu hukum Hukum Rp. 15.750.000,- Rp. 3.150.000 Harga yang di twarkan cukup mahal namun jika di bandingkan oleh beberapa universitas swasta yang ada di Surabaya univ ini mampu untuk di jangkau. Place. Universitas ini bisa dikatakan jauh pada tengah kota, ubaya sendiri lebih terlihat kepinggir dan lumayan jauh dari perkotaan. Namun untuk lingkup study sangatlah nyaman karena termasuk univ yang luas dan dapat menampung ribuan mahasiswa dalam gedungnya. Promotion. Promotion yang digunakan ubaya berbagai macam, melalui blog, brosur, datang pada setiap sekolah yang ada tak lupa juga dibantu dari mulut kemulut. Karena universitas ini sudah berdiri lama dan menghasilkan banyak orang yang sangat berprestasi merupakan suatu keunggulan tersendiri. Cukup baik dalam melakukan promotion. Porter (Porter’s Five Forces Analysis) Threat of new entrants (Hambatan bagi Pendatang Baru  Memerlukan dana atau modal yang tinggi. Contoh saja baru-baru ini ubaya baru saja membuka 1 fakultas baru yaitu fakultas kedokteran. Disini memerlukan dana atau modal yang tinggi untuk dapat membuat fakultas kedokteran ini berdiri dan diminati banyak orang. Karena seperti yang kita tau jika mendirikan fakultas baru maka akan sangat diragukan, ini merupakan hambatan yang ada dalam universitas tersebut. Disini ubaya juga harus mampu menciptakan keunggulan yang tidak dapat dimiliki oleh universitas lain. Teknologi yang Tinggi. Kembali lagi dengan kasus yang terjadi pada diatas, untuk mendirikan fakultas tersebut membuthkan alat medis yang canggih agar tidak terjadi mall praktek. Hak paten. Hak penuh yang dimiliki universitas tersebut unutk dapat mendirikan fakultas. Bargaining power of suppliers (Daya Tawar Pemasok) Yang dimaksud disini adalah bagaimana daya tawar yang dilakukan ubaya pada calon mahasiswa baruu. Contoh saja ubaya bekerjasama dengan sekolah-sekolah swasta yang ada di Surabaya, dengan adanya jalur kerjasama akan dapat meringankan biaya kuliah yang ada apabila kita masuk dalam universitas tersebut. Biasanya dilihat juga dilihat dari nilai rapot yang ada pada calon mahasiswa tersebut. Apabila nilai nya bagus akan mendapatkan potongan lagi lebih banyak. Salah satu trik yang ada untuk dapat menarik minat pada calon mahasiswa. Bargaining power of buyers (Daya Tawar Pembeli) Daya tawar ini adalah bagaimana calon mahasiswa dapat mendapatkan keuntungan dari universitas tersebut. Threat of substitutes (Hambatan bagi Produk Pengganti) Yang dimaksud disini yaitu ubaya akan menyediakan banyak pilihan fakultas apabila calon mahasiswa tersebut merasakan ketidak cocokan pada fakultas sebelumnya. Contoh saja apabila ingin masuk dalam fakultas kedokteran akan dilakukan beberapa test, apabila kita tidak dapat masuk dalam fakultas tersebut maka ubaya akan menyarankan dan membantu calon mahasiswa tersebut dalam menentukan jurusan yang cocok untuk dia. Rivalry among existing competitors (Tingkat Persaingan dengan Kompetitor) Tingkat persaingan yang ada dalam universitas ini sangatlah banyak. Oleh karena itu ubaya harus dapat mempertahankan calon mahasiswa tersebut tetap pada universitasnya. Web Web/blog yang digunakan universitas ubaya masih menggunakan 2 bahasa yaitu inggris dan Indonesia. Penjelasan yang ada dalam web tersebut cukup jelas, karena ubaya menyediakan beberapa opsi untuk apa yang ingin kita cari Menyantumkan brosur yang beredaran pada web tersebut Memiliki petunjuk untuk daftar online Instagram Banyak yang memfollow akun resmi instagram Ubaya dalam kata lain banyak yang aktif dalam dunia sosial media dan mengikuti akun tersebut. Fast respon dalam menyikapii brita yang ada pada masyarakat ada di dunia sosial media. Kegiatan positif yang di post pada akun tersebut. Facebook Halamannya banyak yang menyukai Aktif dalam kegiatan yang ada Banyak postan kegiatan yang terjadi dalam waktu sepekan UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA Gagasan mendirikan Yayasan Pendidikan Tinggi Katolik telah dimulai sejak Perang Dunia I sekitar tahun 1914-1919. Pada saat itu, banyak lulusan HBS (Hogere Burger School/Sekolah Menengah Atas), tidak dapat melanjutkan pendidikan tinggi mereka ke Nederland, karena keadaan dan hambatan transportasi ke Eropa. Kemudian tahun 1950-an dikenal sebagai “Era Kebangkitan Perguruan Tinggi Katolik”. Pada tahun 1958, setelah didirikan beberapa universitas Katolik di kota-kota di Indonesia, Mgr. J. Klooster, CM selaku Uskup Surabaya mendirikan Yayasan Widya Mandala. Widya Mandala berasal dari bahasa Jawa kuno; Mandala artinya gedung atau tempat dalam arti tidak hanya fisik dan Widya artinya sarjana. Jadi Widya Mandala dapat diartikan sebagai tempat pendidikan untuk orang bijaksana dan sukses (sarjana). Beberapa orang juga menyerderhanakan arti Widya Mandala sebagai tempat atau wadah ilmu pengetahuan. Yayasan Widya Mandala Surabaya bertujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan Bangsa Indonesia dengan menyelenggarakan, memelihara, dan mengembangkan Perguruan Tinggi agar terbentuk manusia Indonesia yang bermoral dan berpendidikan serta berpengetahuan tinggi. Tanggal 20 September 1960 ditetapkan sebagai hari jadi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS). Pada saat didirikan, UKWMS hanya memiliki satu fakultas dan berlokasi di Jalan Dr. Soetomo, Surabaya. Kini ada sepuluh fakultas, program pascasarjana (S2 dan S3), serta Akademi Sekretari (D3). Kegiatan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat. Sebagai salah satu universitas swasta tertua di Surabaya, UKWMS memiliki empat gedung kampus untuk menunjang proses belajar mengajar. Kampus utama berlokasi di Jalan Dinoyo 42, dihuni oleh Fakultas Bisnis, Fakultas Ilmu Komunikasi, dan Fakultas Teknologi Pertanian. Kampus kedua berlokasi di Jalan Kalijudan 38, dihuni oleh Fakultas Teknik dan Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan. Kampus ketiga berlokasi di Jalan Dinoyo 48, dihuni oleh Program Pascasarjana. Gedung kampus terbaru yang diresmikan pada tahun 2013 adalah Integrated and Comprehensive Health Sciences Campus dan berlokasi di Jalan Kalisari Selatan 7 kompleks Pakuwon City. Mengusung metode pembelajaran terpadu lintas ilmu kesehatan; di kampus keempat ini terdapat Fakultas Farmasi, Fakultas Psikologi, Fakultas Keperawatan, Fakultas Filsafat, dan Fakultas Kedokteran Price : tahun 2016 wm pakai bayar uang kuliah pakai paket Product : jurusan bisnis, ftp,fikom,kedokteran,keperawatan,sastra inggris, pasca sarjana, teknik industri,teknik kimia, teknik elektro Promotion :widya mandala bekerja sama dengan beberapa perusahaan Industry Links PT. HM Sampoerna Tbk , PT. Konimex , PT. Matahari Supermarket, PT. Pakuwon, PT Rama Pharmaceutical Industry, PT Sandai Farma, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT. Sinergi Data Informatika, PT. Hartono Istana Teknologi (Polytron) Kudus, PT Radio Viskaria Jaya Suara Surabaya, MIM Academy MarkPlus Insitute of Marketing, Financial Planner Standard Boards Indonesia, Bursa Efek Indonesia, BNI Securities, Dewan Sertifikasi Qualified Internal Auditor, KAP Hans Tuanakotta & Mustofa, GAPMMI, PT Jamu Iboe Jaya, Tan Brothers (a.n. Eka Budiadi Santosa), KAP Pradhono & Setijawati, Pentatrust (Tax & Business Consultant), Junior Chamber Indonesia – Surabaya, PT Siloam Gleneagles Hospital, PT RS Pelabuhan Surabaya, RS Adi Husada, RSK Vincentius A Paulo, RS JIwa Menur Surabaya, PT Affinity Health Indonesia, Yayasan Arnoldus, Yayasan Kesehatan / RS Gotong Royong Surabaya, Yayasan RS Panti Nirmala Malang. Institutional Links Dinas Sosial Propinsi Jawa Timur, Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Pemda Kabupaten Belu-NTT, KONI Surabaya, Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme Kamoro – Timika, Persekutuan Usahawan Katolik (PUKAT), Perhimpunan Pendidikan dan Pengajaran Kristen Petra – Surabaya, Yayasan Pendidikan Yohanes Gabriel – Keuskupan Surabaya. International Links ASEACCU Association of Southeast and East Asia Catholic Colleges and Universities. Place : widya mandala memiliki 4 tempat perkuliahaan yaitu di daerah pakuwon city, dinoyo, kalijudan, graha widya mandala LIMA PORTER ANALISIS UNIVERSITAS WIDYA MANDALA 1. Kekuatan tawar menawar produk pengganti Produk substitusi adalah produk alternatif yang dapat menjalankan fungsi yang sama seperti produk sebelumnya atau berbeda.Sebagai contoh,produk sebuah Universitas seperti Widya Mandala sebagai Lembaga dalam hal ini dapat memberikan otonomi kepada Fakultas/Jurusan untuk membuka program ,misalnya diploma,kursus,dan pelatihan.Ini merupakan produk alternatif di samping produk reguler S1.Produk lainnya juga berupa fasilitas konsultasi dan jasa informasi,perpustakaan,dan juga pengembangan kurikulum pendidikan.Sedangkan dari unsur dosen,produk-produk yang dihasilkan dapat berupa pengetahuan atau karya inovatif produktif yang tidak hanya menunjang karir pribadi tetapi juga memberi kontribusi terhadap lingkungan akademik dan masyarakat.Hal di atas juga tidak tertutup bagi Mahasiswanya untuk dapat menghasilkan karya-karya.Kondisi di atas ini diharapkan dapat mengantisipasi peluang merebut pasar dan sekaligus mempertahankan kemampuan jual produk regulernya (S1, S2, dan diploma). 2. Power Of Suplier Pemasok dalam hal ini berupa : • Lembaga Pendidikan yang memproduksi lulusan S2 dan S3,atau lembaga pendidikan terapan seperti pelatihan,workshop,seminar. • Lembaga Informasi seperti internet provider,toko buku,perpustakaan,media massa,dan database provider. • Lembaga Pemerintah nonpendidikan yang mengeluarkan Undang-Undang,peraturan,Hukum,serta Kebijakan. • Lembaga Keuangan/finansial seperti Bank. • Lembaga pemberi beasiswa,dll. • Lembaga swasta atau pemerintah asing. Pasokan yang diperoleh berupa : • Informasi yang dikemas dalam bentuk rekaman audio –visual,buku jurnal,makalah,dokumentasi,dan arsip. • Kebijakan tentang status akreditasi atau identitas : gelar S1,S2,S3,diploma,sertifikat,ataupun status perguruan tinggi. • Fasilitas berbentuk kerjasama,jasa,atau barang sampai dengan dana,dll. 3. Kekuatan tawar menawar Customer. Untuk mendapatkan Informasi yang berkenaan dengan penawaran yang ada di Universitas ada beberapa media yang digunakan diantaranya blog,brosur,dan secara langsung mempromosikan ke SMA-SMA yang sudah bekerja sama dengan Universitas Widya Mandala.Untuk program studi yang ditawarkan ada berbagai pilihan.Untuk harganya juga berbeda untuk setiap program studi sehingga konsumen mempunyai kekuatan tawar menawar yang lebih besar karena punya banyak pilihan dan Universitas Widya Mandala juga menawarkan diskon 5 % untuk pembayaran secara lunas.Selain itu,konsumen juga merupakan faktor penting untuk melihat bagaimana kemampuan lembaga serta produk yang dihasilkannnya (alumni dan hasil penelitiannya) dapat memberikan kontribusi atau nilai tambah bagi lingkungan konsumen.Hal ini dapat diukur dengan memperhatikan bagaimana Universitas Widya Mandala mampu membuat : • Dosennya berkontribusi di fakultas lain,atau di tingkat Universitas juga di luar Universitas (sejauh tidak meninggalkan tugas pokoknya). • Dosen sebagai konsultan perusahaan. • Karya ilmiahnya diterbitkan oleh lembaga terkait yang terakredutasi,baik skala nasional maupun internasional. • Mahasiswa diminta jasa pengetahuannya baik oleh kalangan sendiri maupun luar. • Mendapatkan kepercayan dari pihak swasta lainnya atau pemerintah,seperti memberikan in house training,penelitian,serta pengembangan. 4. Antar Pesaing Antar pesaing merupakan lingkungan yang ketat dengan adanya berbagai lembaga pendidikan yang mempunyai keunggulan kompetitif masing-masing.Universitas Widysa Mandala mempunyai dsaingan dengan beberapa Universitas yang ada di Surabaya.Contohnya Universitas Surabaya (UBAYA).Akreditasi dan jurusan masing-masing Universitas merupakan persaingan.Selain itu,prestasi yang diraih oleh masing-masing kampus.Fasilitas dan biaya pendidikan serta beasiswa juga memberi efek persaingan juga.Pada akhirnya akan memunculkan kampus mana yang unggul,elit dan favorit untuk konsumen.Pada lingkup dosen juga kita mengenal persaingan antar dosen satu Universitas dan Universitas lainnya.Semua poin akan memunculkan rasa persaingan antar Universitas. 5. Pendatang Baru Adanya pendatang baru merupakan hal yang tidak menyenangkan bagi siapapun.Kemunculan banyak lembaga pendidikan sejenis dengan berbagai penawaran fasilitas akan mempengaruhi dalam hal berkurangnya mahasiswa baru yang ingin masuk ke Universitas Widya Mandala.Mahasiswa pasti ingin memilih yang lebih bagus jadi Universitas Widya Mandala harus lebih baik dan unggul dari Universitas lainnya. SOCIAL MEDIA Web/blog yang digunakan UKWMS masih menggunakan bahasa Indonesia. Penjelasan yang ada dalam web tersebut cukup jelas, karena UKWMS menyediakan beberapa opsi untuk apa yang ingin kita cari Menyantumkan brosur yang beredaran pada web tersebut Memiliki petunjuk untuk daftar online Instagram Banyak yang memfollow akun resmi instagram UKWMS dalam kata lain banyak yang aktif dalam dunia sosial media dan mengikuti akun tersebut. Fast respon dalam menyikapii brita yang ada pada masyarakat ada di dunia sosial media. Kegiatan positif yang di post pada akun tersebut. Facebook Halamannya banyak yang menyukai Aktif dalam kegiatan yang ada Banyak postan kegiatan yang terjadi dalam waktu sepekan KESIMPULAN Untuk kedua Universitas diatas sama-sama bagus. Hal itu dapat kita lihat di bagian Program study apa saja yang kedua universitas itu tawarkan, akreditas dari kedua Universitas tersebut, serta juga hubungan kerja sama universitas baik dalam negeri maupun luar negeri. Hal yang perlu diubah hanya saja dalam hal mempromosikan Universitas untuk lebih lagi dilihat oleh setiap orang di dunia maya, khususnya untuk UKWMS yang dimana website nya masih menggunakan bahasa Indonesia saja. Mungkin hal itu dapat diubah, agar dapat membuat orang luar negeri yang ingin tahu tentang universitas ini dapat mengetahuinya lebih lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hallo nama lengkap saya Gratia Mbadhi Leti Mbete biasa dipanggil Ansi.Banyak orang yang nanya kok namanya Ansi ? Kenapa bukan Gratia/Tia gitu ? kenapa Ansi ? wkwkwkwkwk.Sebenarnya nama asli saya itu Fr ansi ska Gratia Mbadhi Leti Mbete,nah jadi nama Ansi itu diambil dari nama Fransiska.Kenapa sekarang nama Fransiskanya ga ada ? Kenapa dihapus ? Nama saya dihapus waktu kelas 6 Sd.Waktu itu kan mau ikut Ujian Nasional,tapi nama saya kepanjangan jadinya ngga pas di kotak yang disediain.Akhirnya diputuskan untuk menghapus nama Fransiska.Jadi,kenapa nama saya Ansi dan kenapa nama Fransiska dihapus.Itulah ceritanya.Hahahahahahaha ga jelas banget yah daritadi cerita asal mula nama.Hahahahahaha 😀😀😀 ......... Ada yang mau tau juga nggak ? Kenapa dari sekian banyak nama,orang tua saya memilih memberikan saya nama Gratia ? Gratia/Gracia itu diambil dari bahasa Latin yang artinya berkat/rahmat.Kenapa saya diberi nama yang artinya berkat ? Karena dulunya orang tua saya berpikir mereka bakal tid
UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA SURABAYA  Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya adalah salah satu perguruan tinggi di Kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia dan berada di bawah pengelolaan Keuskupan Surabaya. Universitas ini didirikan pada tahun 1960 melalui surat keputusan nomor 001SK No. 001/Ja/Sek/60 pada tanggal 4 Januari 1960 dan disahkan melalui akta notaris Anwar Mahajudin No. 42/1960. UKWMS adalah universitas yang diakui kualitasnya sebagai salah satu dari 50 Promising Indonesian Universities oleh Ditjen Dikti RI, serta mendapat penghargaan sebagai 5 Perguruan Tinggi Unggulan dalam bidang Tata Kelola, Kemahasiswaan, serta Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat dari Kopertis Wilayah VII Jawa Timur. Adapun saat ini Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya telah memiliki 3 buah kampus yang tersebar di beberapa penjuru kota Surabaya yaitu Kampus Dinoyo (kampus 1),kampus Graha Widya Mandala (kampus 2),Kampus Kalijudan (kampus 3), dan Kampus Pakuwon City (kampus 4)